Belajar Baca Qur`an

Belajar Baca Qur`an
Oleh: Muhammad Syafi`i Tampubolon

Assalamulaikum Wr Wb, kali ini saya akan mencoba untuk berbagi cara cepat bisa membaca Al Quran khususnya bagi kaum muda menengah keatas. Mungkin saat ini banyak para orang tua atau para pemuda yang malu untuk belajar Qur`an dengan cara memanggil guru ngaji kerumahnya, apalagi sampai datang ketempat TPA yang disana kebanyakan adalah usianya dibawah 15 tahun, saya fikir ini adalah suatu hal yang agak sedikit mustahil barang kali.

Setiap orang mungkin memiliki cara sendiri dalam hal belajar, namun intinya adalah bagaimana kita bisa membaca Qur`an, sebab surga tidak pandang usia dan rupa, apalagi mereka yang malu, sifat malu itu bagus, namun letakkanlah pada tempatnya, sebab itu akan lebih bagus lagi.

Ketika saya berusia 15 tahun (1997), pada saat itulah saya memeluk agama islam ini, dan pada saat itulah perjuangan ini dimulai. Saya punya pengalaman pribadi yang nantinya mungkin bisa dijadikan sebuah motivasi untuk mengenal islam ini dan tentunya semua itu didasari dari bisa membaca Quran terlebih dahulu. Saya semenjak mengucapkan dua kalimah syahadah, saya hanya dengan waktu dua minggu sudah bisa membaca Qur`an walaupun terbata-bata, tapi guru ngaji saya bilang ini suatu rahmat yang diberikan Allah kepada saya. Namun, cara itu yang memberikan dan menerapkannya kepada saya adalah guru ngaji tadi. Baiklah, kita tidak memperpanjang mukoddimah lagi, namun yang saya tekan-kan kepada anda adalah "Bersungguh-sungguhlah untuk belajar, luangkan waktu, dan kalau bisa jangan cari waktu,". Semoga kerabat-kerabat sekalian bisa lebih cepat dari saya nantinya bisa membaca Qur`an dalam waktu satu minggu.

Tahap Pertama

- Untuk tahap awal ini, saya hanya meminta anda untuk benar-benar dan bersungguh-sungguh serta dibarengi dengan niyat "Saya harus bisa baca Qur`an dalam waktu 1 minggu". Insyaallah Allah akan beri anda jalan dan kemudahan.
- Pertanyaannya adalah: Apa yang harus saya lakukan sekarang?. Bagus, berarti anda sudah siap untuk menerima langkah-langkah selanjutnya.
- Yang perlu anda lakukan sekarang adalah untuk mengenal huruf arab, kita akan coba memperkenalkan huruf-huruf abjad arab.

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن لا و ي ء

Alif (ا) Ba (ب) Ta (ت) Tsa (ث) Jim (ج) ha (ح) Kho (خ) Dal (د) Dzal (ذ) Ro (ر) Zai (ز) Sin (س) Syin (ش) Shod (ص) Dhod (ض) Tho (ط) Jho (ظ) A`in (ع) Oghin (غ) Fa (ف) Qof (ق) Kaf (ك) Lam (ل) Mim (م) Nun (ن) Lam Alif (لا) Wau (و) Ya (ي) Hamzah (ء)

Sebaiknya anda mulai dengan mengucapkan basmalah ketika akan mulai belajar, dan jangan lupa untuk mengakhirinya dengan hamdalah.

Anda sudah melihat bentuk-bentuk huruf abjad dasar arab, dan saya juga sudah mencoba melatinkannya dengan cara yang mudah dalam bentuk ucapan bahasa indonesia. Jumlah huruf itu semuanya ada 29 huruf. Mulai saat ini, bertasbilah anda dengan huruf-huruf arab, saya yakin, dalam waktu 15 menit anda akan hafal satu huruf, tinggal kalikan saja, dalam waktu jangka 435 menit anda sudah bisa hafal 29 huruf hija`iyah (Ejaan arab). Satu hari itu kalau tidak salah 24 jam, sekitar 1440 menit. Sekitar 7 jam lebih 15 menit (435 menit) anda sudah hafal, mudah bukan...?. tidak perlu seharian, dan anda bisa sambil bekerja tanpa harus merasa terganggu.
Kemudian, liburlah sehari, namun disambilin untuk mengulang-ulang hafalan tadi. Jika anda punya pacar, suami, istri, abang, kakak dan lain sebagainya, mintalah ia untuk melihat huruf-huruf itu dan anda melafazkannya dihadapan mereka tanpa melihat catatan. Jika sudah berhasil, berarti anda sudah lulus tahap awal dengan sukses. Selamat berjuang dengan waktu yang ada.

Tahap Kedua

- Tahap pertama telah anda lalui dengan baik, selanjut sekarang masuk ketahap kedua, pertanyaannya adalah: "Apa yang akan saya lakukan lagi?, saya sudah tidak sabar ingin cepat-cepat bisa baca Qur`an". Sabar, jangan buru-buru yah. Tetap dengan wajah tersenyum dan tarik nafas untuk pelajaran selanjutnya.
- Huruf-huruf yang anda hafal tadi masih huruf asli dan belum bisa disambung, jadi, anda harus menghafal baris-baris yang akan diletakkan nantinya diatas atau dibawah huruf-huruf tersebut. Kita akan beritahu sekarang baris-baris tersebut.

َ ِ ُ ً ٍ ٌ ْ
Anda telah melihat bentuk yang aneh-aneh diatas bukan?, itu bukan aneh, itu namanya baris, saya akan coba perkenalkan satu persatu.

a ( َ ) i ( ِ ) u ( ُ )

an ( ً ) in ( ٍ ) un ( ٌ )

Tidak dapat dibaca ( ْ )

Semua bentuk ini juga harus dihafal, jika kita perhatikan, jumlahnya hanya sedikit, hanya tujuh bentuk, anda hanya butuh waktu sekitar 105 menit untuk menghafalnya, tidak sampai dua jam. Gampang bukan?. Allah itu tau betul kalau hambanya itu semua pandai-pandai, cerdas-cerdas dan semangat untuk mencari surga, ingatlah wahai saudaraku, Allah tidak melihat hasil yang anda kerjakan, tapi Allah sangat memperhatikan sejauh mana usaha anda untuk itu semua. Selamat mencoba semoga anda menjadi orang pilihan untuk masuk surga. Bersambung.....


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.